Kamis, 11 April 2013

Lebih Berisiko, Kesehatan Gigi Pada Wanita Dibanding Pria

Merawat dan menjaga kebersihan dan kesehatan gigi sangat penting bagi semua orang. Namun, perubahan hormon pada masa-masa tertentu membuat wanita cenderung le bih sensitif terhadap menurunnya kesehatan gigi. Perubahan hormon pada tubuh wanita berpengaruh terhadap suplai darah ke jaringan gusi dan respon tubuhnya terhadap plak yang terkumpul.

Masalahnya wanita memiliki banyak periode hormon dibandingkan pria sehingga wanita paling mudah terkena masalah gigi dan gusi.

5 Periode Hidup Wanita yang Mempengaruhi Kesehatan Gigi

Pubertas
Pada saat puber terjadi peningkatan produksi hormon estrogen dan progesterone yang dapat memacu aliran darah ke gusi dan mengubah cara jaringan gusi bereaksi terhadap zat yang dapat mengiritasi plak (gusi memerah, ngilu dan membengkak)

Menstruasi
Saat menstruasi terjadi peningkatan hormon progesterone yang dapat menyebabkan perubahan dibagian mulut sebagian wanita (gusi memerah membengkak, berdarah, sariawan dan membengkaknya kelenjar ludah)

Kehamilan
Pada masa kehamilan kadar hormon progesteron mengalami perubahan drastis dan menyebabkan gingivitis/radang gusi (pada kehamilan bulan ke 2 – 8). Beberapa masalah yang sering menyertai ibu hamil adalah:
• Granuloma, yaitu daging tumbuh pada gusi dan tidak berbahaya, walaupun dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Benjolan ini mudah berdarah dan dapat menyebabkan sariawan atau berkerak.
• Erosi Gigi, biasanya terjadi pada wanita hamil yang mengalami mual dan muntah (erosi enamel bagian belakang gigi depan)
• Mulut Kering, menurut penelitian 44% dari wanita hamil mengalami masalah mulut kering.

Kontrasepsi oral
Para wanita yang menggunakan alat kontrasepsi oral (misalnya pil KB) dengan kandungan progesterone mengalami peningkatan hormon yang dapat menyebabkan peradangan jaringan gusi akibat reaksi berlebihan tubuh terhadap racun dari plak. Oleh karena itu berikan informasi kepada dokter gigi anda mengenai obat-obatan yang anda konsumsi dan dosisnya termasuk pil KB karena beberapa obat antibiotic yang biasa diberikan dokter gigi dapat menurunkan efektivitas dari kontrasepsi oral. Selain itu dokter lebih mudah merencanakan perawatan gigi anda.

Menopause
Memasuki masa menopause terjadi perubahan pada mulut wanita (indera perasa, rasa panas di mulut, sensitive terhadap makanan dingin dan panas, juga penurunan produksi air ludah yang menyebabkan mulut kering) dikarenakan perubahan hormon atau pengaruh obat-obatan yang telah dikonsumsi.

Mulut kering dapat menyebabkan terjadinya penyakit gigi dan gusi karena air ludah tidak mampu melembabkan dan membersihkan mulut dengan menetralkan asam yang dihasilkan oleh plak. Disamping itu penurunan hormon estrogen mempertinggi resiko hilangnya densitas tulang. Kehilangan densitas tulang, terutama pada tulang rahang dapat menyebabkan tanggalnya gigi dan gusi turun, sehingga memungkinkan gigi lebih mudah busuk.

Ternyata begitu banyak perubahan-perubahan pada wanita dengan berbagai resiko, begitu besarnya peran ibu untuk kita...ibu rela melewati semua resiko tersebut demi kita anak-anaknya..oleh karena itu agar ibu atau istri Anda dapat melewati semua masa-masa perubahan dengan aman maka kita harus merawat mereka terutama untuk mengatasi keluhan gigi yang biasa mengganggu pada masa-masa perubahan tersebut, yaitu dengan memberikan pasta gigi yang tepat yang merupakan solusi tepat untuk semua keluhan gigi yaitu pasta gigi Winz. Winz adalah pasta gigi fluoride plus Xylitol dan Kalsium dalam formulasi sesuai sehingga efektif dalam melindungi dan merawat gigi secara optimal, serta mencegah pembentukan plak dan mengurangi kadar bakteri dalam mulut.

Mengapa Winz Begitu Tepat Untuk Wanita Yang Kita Sayangi..?

Berikanlah yang tebaik untuk orang-orang yang kita sayangi
1. Formula Winz tepat dan lengkap yaitu fluoride dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan gigi (0.15%) dan kalsium serta Xylitol yang mampu mengembalikan mineral gigi yang hilang.
2. Paduan Xylitol, fluoride dan kalsium dalam jumlah yang tepat terbukti efektif mengurangi kadar bakteri dalam mulut.
3. Memiliki tekstur lembut namun mampu membersihkan sisa makanan dan plak secara optimal. Kelembutan teksturnya membuat Winz aman untuk email gigi.
4. Membantu mengatasi masalah penyakit gigi, gusi dan mulut serta menjaga kesegarannya lebih lama.
5. Efektif mengurangi rasa ngilu pada gigi sensitive.
6. Aman, tidak mengandung formalin/zat pengawet berbahaya.



Sumber: Majalah CNINEWS


============================

Produk-produk CNI telah terkenal sebagai produk-produk bermutu tinggi baik dari segi manfaat maupun kualitasnya. Sebagai bukti komitmen CNI pada kualitas, CNI telah memiliki sistem Jaminan Kepuasan Konsumen (JKK).

Produk CNI adalah “Produk Kualitas Menengah Atas, Harga Menengah Bawah”    

Untuk info & Pemesanan :  
HUB : MUHAMAD IPANGO  
Telp / Hp : 021-7816369 / 0815 2363 9145 / 0816 160 5367


  Kunjungi Toko Online kami di : 

Simak Info Kesehatan lainnya di :

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar